CERITA KAMI

KABAR CSR

Selasa, 12 November 2019

Dua Program Langsung Di Satu Daerah Strategis

Banyak dampak baik dari kegiatan CSR yang dilakukan berturut-turut di satu daerah ini, salah satunya publik dapat melihat komitmen CSR PDSI terhadap masyarakat di area ring satunya

PDSI berturut-turut menyelenggarakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang masuk ke dalam pilar Pertamina Berdikari dan Pertamina Hijau. Dua kegiatan CSR penghijauan bumi tersebut dilangsungkan di lokasi-lokasi yang masuk ke dalam lingkungan Project Area Jawa.

Menurut CSR Assistant PDSI Indah Septiani, kedua kegiatan ini sengaja diselenggarakan berturut-turut untuk mengefektifkan program-program CSR PDSI di kantor-kantor area. Kesempatan pertama adalah di lingkungan kantor area Jawa yang berlokasi di Mundu-Karangampel.

Pemberdayaan Pengrajin Sapu Tepes

Untuk kegiatan CSR pertama, PDSI menggelar program pemberdayaan bagi pengrajin sapu tepes di Desa Mundu, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu pada hari Rabu (13/11). Program ini merupakan kelanjutan program-program tahun sebelumnya.

Dalam pelatihan tersebut, pihak PDSI memberi edukasi kepada para pengrajin cara merendam sapu tepes dengan metode yang mudah dan murah serta tidak mencemari lingkungan. Mereka juga diberi pelatihan mengembangkan produksi sapu tepes agar bisa menjadi produk unggulan desa dan pada akhirnya bisa membuat para pengrajin mandiri di kemudian hari.

Ketua kelompok pengrajin sapu tepes Nuriyan menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan PDSI kepada pengrajin sapu tepes di desa Mundu. “Belum banyak perusahaan di daerah kami yang benar-benar memperhatikan kelangsungan lingkungan dan keberadaan pengrajin home industry seperti kamu. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PDSI atas perhatian dan program CSR-nya yang berkelanjutan dalam rangka meingkatkan kesejahteraan masyarakat di sini.”

Thousand Trees for Drilling

Kegiatan CSR kedua digelar keesokan harinya, Kamis (14/11), yakni berupa kegiatan penanaman 1.000 pohon untuk pelestarian lingkungan hidup. Penanaman pohon ini dilakukan menyebar di 10 titik di Indonesia. Yakni, Indramayu, Subang, Garut, Aceh, Sumatera bagian selatan, dan Kalimantan Timur.

“Ini merupakan suatu rangkaian program tahunan yang dapat memberikan andil dalam kesuksesan program pelestarian lingkungan hidup terutama di sekitar area kerja perusahaan,” terang Indah. Dalam kegiatan yang mengusung tema “Thousand Trees For Drilling” ini, PDSI berkolaborasi dengan tim lokal. Penanaman dilakukan di area Indonesia Drilling Training Centre (IDTC) yang berlokasi di Mundu, Indramayu, dengan jumlah pohon yang ditanam sekitar 55 pohon.

Pohon-pohon yang ditanam merupakan tanaman keras yang menjadi rekomendasi tokoh lokal setempat seperti Mahoni dan Pucuk Merah. Kegiatan yang menjadi salah satu bentuk nyata kepedulian perusaahn terhadap lingkungan melalui program CSR ini harapannya bisa memberi manfaat dan keberkahan kepada lingkungan sekitar dan masyarakat setempat.

KOMENTAR