CERITA KAMI

KABAR CSR

Jumat, 6 November 2020

KONSISTENSI PDSI MENCEGAH DAMPAK PANDEMI COVID-19

Banyak program CSR yang PDSI aplikasikan selama masa pandemi COVID-19 demi kemaslahatan masyarakat. Kampung Sehat Terpadu Pertamina salah satu yang sudah tampak hasilnya.

Kampung Sehat Terpadu Pertamina berlokasi di Jl. Kramat Asem Raya RT 01 RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Dijelaskan Public Relation Ast. Manager PDSI Toto Budiarjo, ini merupakan kali pertama PDSI mengelola Kampung Sehat Terpadu Pertamina.

Pemilihan RT 01 RW 06 ini sendiri atas hasil diskusi dengan Camat Matraman Andriansyah. “Pemilihan dilakukan karena lingkungan tersebut belum pernah tersentuh program CSR dari perusahaan mana pun, sementara semangat masyarakatnya tinggi untuk berubah dan berkembang,” urainya.Ditambahkan Assistant CSR PDSI Indah Septiani, kegiatan-kegiatan yang terangkum dalam Kampung Sehat Terpadu Pertamina mulai dari penyuluhan kesehatan warga oleh kader Satgas COVID-19 setiap minggu sekali, pemasangan sign board wastafel, dan pembagian masker atau face shield sebagai antisipasi awal penerapan protokol kesehatan COVID-19.Kemudian penghijauan lingkungan dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penggalakkan lumbung pangan akuatik dengan membuat 8 kolam ikan berisi ikan lele dan ikan nila, serta pembuatan 8 plot area hidroponik dengan beragam jenis tanaman kangkung, pakcoy, sosin, pecay, dan lain-lain.

Selain itu, Kampung Sehat Terpadu Pertamina juga digenapi dengan program Rumah Literasi Warga hingga pembuatan biopori untuk rembesan air di setiap titik potensi genangan atau banjir.Pada mula PDSI memulai rangkaian program Kampung Sehat Terpadu Pertamina pada pertengahan Juni 2020, RT 01 RW 06 termasuk wilayah yang berada di zona kuning COVID-19. Setelah beberapa bulan pelaksanaan seluruh kegiatan tersebut, di akhir Agustus atau bertepatan dengan evaluasi program, kategori tadi mengalami perubahan baik menjadi zona hijau. Setelah di ring satu kantor pusat PDSI tersebut, menurut Toto, program ini akan diduplikasi di tempat lain di wilayah operasi PDSI, tentunya dengan potensi kegiatan yang berbeda.

KOMENTAR