CERITA KAMI

Dari Lapangan

Senin, 16 September 2019

Satu Perak, Satu Special dan Satu Honor Award

Partisipasi I-Prove Slip mengharumkan nama PDSI yang baru kali ini diikutsertakan di ajang bergengsi ISIF.

Untuk kali pertama PDSI mengikuti Istanbul International Inventions Fair (ISIF) yang diselenggarakan pada 17-22 September 2019 di International Istanbul Ataturk Airport, Turki. Keikutsertaan PDSI diwakili gugus time CIP I-Prove Slip dengan inovasi berupa Pneumatic Slip Lifter (PSL).

PSL merupakan peralatan yang digunakan untuk mengoperasikan slip putar 100 kilogram dengan cara menekan katup pedal pneumatik dari jarak 2,5 meter, sehingga roughneck tidak perlu menaikkan dan menurunkan slip putar secara manual serta tanpa perlu kontak langsung dengan peralatan.

Menurut Quality Management Ast. Manager PDSI Agus Susanto, I-Prove Slip adalah gugus tim Continuous Improvement Program (CIP) PDSI yang masuk ke dalam 11 besar dengan kategori Platinum pada kegiatan Annual Pertamina Quality Awards (APQA) 2019.

Sementara di ISIF 2019, tim tersebut membawa pulang medali perak dari Turk Patent, special award dari Association of British Inventior and Innovation, dan honor award dari APIICIS Inventarium Science Portugal.

ISIF merupakan pameran dan kompetisi inovasi yang diselenggarakan Kementerian Industri dan Teknologi Turki, Turkish Patent and Trademark Office (Turk Patent), di bawah naungan International Federation of Inventors Association (IFIA) serta didukung World Intellectual Property Organization (WIPO) dan Eureopean Patent Office (EPO).

VP Quality System, and Knowledge Management (QSKM) PT Pertamina (Persero) Annisrul Waqie menyatakan, keberhasilan Pertamina Innovation di ISIF 2019 merupakan salah satu bukti atas ekselensi Pertamina secara global mengingat acara tersebut diikuti oleh beberapa negara besar dan dikunjungi  oleh 6.000-10.000 orang setiap harinya.

“Dan ini dapat menjadi modal bagi perusahaan dan insan mutu Pertamina khususnya untuk lebih confidence dalam merespons tantangan dan persaingan bisnis.” Tutur Annisrul.

KOMENTAR