CERITA KAMI

Dari Lapangan

Selasa, 2 Juni 2020

Tatanan Baru Bepergian Dengan Pesawat Terbang

Banyak tatanan yang mengalami perubahan memasuki masa-masa kenormalan baru, termasuk saat bepergian dengan pesawat terbang.

Dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 tahun 2020 setidaknya tertulis tiga syarat perjalanan dengan transportasi umum. Pertama, menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah).

Kedua, menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Ketiga, menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak  memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test.

Selain itu, calon penumpang pesawat juga disarankan memerhatikan poin-poin berikut untuk menghindari risiko penyebaran virus corona dan dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. 

  1. Setiap penumpang wajib mengenakan masker selama perjalanan, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang.
  2. Karena harus melakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan terlebih dulu, pihak maskapai menyarankan calon penumpang untuk datang 3-4 jam lebih awal dari jadwal keberangkatan.
  3. Utamakan proses lapor diri (check-in) secara online melalui website maupun konter lapor diri mandiri (self check-in) di bandara.
  4. Utamakan menjaga jarak dengan orang lain setidaknya sejauh satu meter.
  5. Lakukan transaksi secara non tunai (cashless) dengan dompet digital, uang elektronik, maupun kartu debit/kredit untuk memperkecil risiko perpindahan virus, kuman, dan bakteri.
  6. Kurangi aktivitas dan interaksi atau kontak fisik dengan sesama penumpang dan awak kabin selama penerbangan.

Ingat ketentuan baru dan tips tersebut jika kita harus bepergian dengan pesawat, ya. Jangan lupa juga sediakan masker cadangan yang cukup, hand sanitizer, dan obat-obatan pribadi sebelum melakukan perjalanan.

KOMENTAR