kembali

24 Dec 2022

Aktif Mewujudkan Program KPK, Desiantien Raih Penghargaan Ahli Pembangun Integritas Inspiratif 2022

Penyematan API Inspiratif oleh LSP KPK murni dilaksanakan institusi tersebut. KPK tidak memberikan pengumuman khusus atau membuka kontes tertentu.

Direktur Keuangan dan Administrasi PT Pertamina Drilling Services Indonesia Desiantien menerima penghargaan sebagai Ahli Pembangun Integritas Inspiratif 2022 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Piagam penghargaan disampaikan bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) pada Jumat (9/12) di Gedung Bidakara, Jakarta.

Penghargaan ini menjadi afirmasi atas komitmen dan kontribusi Desi, yang selama beberapa tahun ini telah memeroleh sertifikasi Ahli Pembangun Integritas (API) dari LSP KPK, dalam menyampaikan gerakan antikorupsi, menciptakan kebijakan dan mengimplementasikan program yang menopang gerakan tersebut sesuai dengan fungsinya.

Selain itu, keaktifan Desi dalam mendukung terwujudnya program KPK, salah satunya dengan menjadi bagian dari perumus SKKNI 338 tahun 2017, dan menjadi salah satu Komite Skema Ahli Pembangun Integritas KPK, menjadi poin-poin penting lain yang mendasari Desi didapuk sebagai API Inspiratif 2022.

Berbeda dengan kebanyakan penghargaan, Desi menerangkan, penyematan API Inspiratif oleh LSP KPK murni dilaksanakan institusi tersebut. KPK tidak memberikan pengumuman khusus atau membuka kontes tertentu.

Dalam memberikan penilaian kepada setiap API yang telah tersertifikasi, KPK menggunakan dua metode. Pertama, secara kuantitatif berdasarkan laporan API yang masuk ke laman AKSESKU Interaksi, dan kedua, secara kualitatif berdasarkan program kerja API yang penilaiannya dilakukan dan diamati KPK secara mendalam.

“Penghargaan ini merupakan suatu pengakuan bahwa perjuangan kita untuk memberantas korupsi dengan menciptakan sistem yang tertuang dalam 8 Unit Kompetensi SKKNI Ahli Pembangun Integritas mendapatkan support penuh dan sangat perlu untuk disebarluaskan dan diukur terus menerus tingkat keberhasilannya,” tutur Desi menjelaskan perasaannya usai menerima piagam penghargaan.

Berbicara tentang dampak yang ia harapkan setelah menjadi API Inspiratif 2022, Desi mengingatkan, membebaskan negeri dari perilaku korupsi tidak bisa dikerjakan sendirian, sehingga saya sangat berharap rasa memiliki organisasi ini timbul dan seluruh pihak mau bersama-sama menciptakan sistem dan prosedur yang efektif dan efisien untuk peningkatan profitabilitas perusahaan yang nantinya juga akan kita nikmati bersama-sama.

“Please speak up, visible-kan semua issues dan cari jalan keluar terbaik dan tepat untuk setiap permasalahan yang ada. Pergunakan teknologi untuk membantu percepatan negeri ini bebas dari korupsi. Di negeri ini banyak orang yang pandai dan berani, tapi berani, pandai, dan berintegritas tinggi, itulah yang dibutuhkan bangsa ini,” tegas Desi.

Disampaikannya pula, terus dukung perusahaan agar senantiasa menjadi institusi yang bersih dan bebas dari suap, korupsi, dan gratifikasi.