kembali

13 Jun 2017

Bimbingan Pelatihan OSN

Dalam program CSR PDSI, pendidikan menjadi salah satu bidang kegiatan yang terus dilakukan secara berkesinambungan. Itu karena pendidikan merupakan faktor kunci membangun masyarakat yang berkualitas dan intelektual.

Bentuk kegiatannya sendiri beragam. Untuk CSR PDSI kali ini, kegiatan yang dilakukan adalah menyelenggarakan bimbingan pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk tiga sekolah menengah atas di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yakni SMAN 1 Kedokanbunder, SMAN 1 Juntinyuat, dan SMAN 1 Krangkeng.

Seperti diungkapkan Ketua Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) SMA kabupaten Indramayu, yang juga Kepala Sekolah SMAN 1 Krangkeng Wintomo, sesungguhnya sudah dua tahun terakhir sekolah-sekolah tersebut berkeinginan mengadakan bimbingan pelatihan OSN, tetapi karena terkendala dana maka kegiatan itu belum dapat terlaksana. Oleh karena itu, ia mengajak ratusan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan agar dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan PDSI itu semaksimal mungkin.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, M. Ali Hasan yang mengharapkan kegiatan tersebut dapat membantu siswa-siswi SMAN Indramayu meraih prestasi yang lebih tinggi. Tidak hanya di tingkat kabupaten atau propinsi tetapi juga nasional.

OSN merupakan salah satu ajang kompetisi tahunan bagi pelajar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) Kemendikbud. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pembinaan dan pengembangan bakat, minat, dan prestasi siswa sekolah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mata pelajaran yang diperlombakan di OSN tingkat SMA adalah matematika, fisika, biologi, kimia, komputer, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi.