kembali

02 Jan 2023

Tilik IDTC, Petrofund Siap Kerja Sama dengan PDSI

Delegasi Petrofund berkesempatan melihat seluruh fasilitas IDTC, mulai dari simulator rig berkapasitas 150 HP, well control simulator, HSSE tool container, fire ground training, sampai dengan medic dan acommodation room.

PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) menerima kunjungan Petroleum Training and Education Fund atau Petrofund. Kunjungan Petrofund menjadi bagian dari rangkaian kegiatan selama satu minggu yang dilakukan institusi Namibia tersebut ke Pertamina Group.

Kunjungan satu hari yang dipimpin langsung CEO Petrofund Nilian Namataa Mulemi ini difokuskan ke pusat pelatihan yang dimiliki dan dikelola PDSI, yakni Indonesia Drilling Training Center (IDTC).

Dalam sambutannya, Mulemi menjelaskan, Petrofund berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia seiring dengan ditemukannya sumber energi baru di Namibia. “Kunjungan ke IDTC kami manfaatkan untuk menilik fasilitas dan kapabilitas IDTC dalam mengembangkan personel pengeboran Namibia di masa mendatang, baik dalam personel baru dan personel berpengalaman serta sertifikasinya,” terangnya.

Didampingi Direktur Operasi PDSI Fata Yunus dan VP Driling Support PDSI Komedi, delegasi Petrofund berkesempatan melihat seluruh fasilitas IDTC, mulai dari simulator rig berkapasitas 150 HP, well control simulator, HSSE tool container, fire ground training, sampai dengan medic dan accommodation room.

Mulemi mengaku kagum dengan fasilitas IDTC dan beragam materi pelatihan yang dapat diberikan PDSI kepada peserta pelatihan. Ia pun tak menutup kemungkinan Petrofund akan menindaklanjuti kunjungan dengan kerja sama antara kedua pihak, terutama training program untuk rig contractors crew yang terdiri dari roustabout, roughneck, dan rig superintendent, serta drilling engineer dan supervisory level.

 “Setelah kami melakukan benchmark dan melihat langsung fasilitas dan kapabilitas IDTC, kami menilai potensi kerja sama antara Petrofund dengan Pertamina, termasuk PDSI, bisa saja terlaksana di masa-masa mendatang,” terang Mulemi.

Di kunjungan pertama ke IDTC ini, selain Mulemi, juga turut hadir delegasi Petrofund lainnya, di antaranya Julia Ndanyengwakunye Nekongo, Magdaleena Shino Trouser, Maryke Varetta Caroline Krohne, Magy Sam, dan Uaapi Utjayari.