Board

Manual

KESEPAKATAN BERSAMA DIREKSI DAN KOMISARIS DALAM MENERAPKAN BOARD MANUAL

Board manual ini merupakan salah satu softstructure Good Corporate Governance, sebagai penjabaran dari Pedoman Tata Kelola Perusahaan ( Code of Corporate Governance) yang menggunakan anggaran dasar perseroan.

Board manual yang merupakan naskah kesepakatan antara Direksi dan Komisaris Bertujuan :
1- Menjadi rujukan/pedoman tentang tugas pokok dan fungsi kerja masing masing organ.
2- Meningkatkan kualitas dan efektifitas hubungan kerja antar organ
3- Menerapkan asas GCG yakni, transparasi, akuntabilitas, independensi dan faimess (kewajaran)

Dengan diberlakukannya Board Manual ini dalam hubungan kerja antar dua organ perseroan, diharapkan kegiatan usaha perseroan dapat dilaksanakan secara harmonis dengan asas Good Corporate Governance dalam upaya untuk mencapai Visi dan Misi perusahaan yang telah ditetapkan.

 

BOARD MANUAL

PDF

Code of

GCG

PEDOMAN TATA 

KELOLA PERUSAHAAN

PDF

Code of

Conduct

Code of Conduct ini merupakan salah satu wujud komitmen tersebut dan menjabarkan Tata Nilai Unggulan Pertamina Drilling Services Indonesia, yaitu Care & Safety Focus, Clean (Bersih), Competitive (Berdaya Saing), Confident (Percaya Diri), Customer Focused (Fokus Pada Pelanggan), Commercial (Komersial) dan Capable (Berkemampuan) ke dalam interpretasi perilaku yang terkait dengan etika usaha dan tata perilaku.

Code Of Conduct

PDF

BOC

BOARD OF COMISSIONER

Nur Endro Buwono

President Commissioner

Kelahiran Jakarta 1 Mei 1965, Berpengalaman 30 tahun di Industri perminyakan, lulus dari Institute Teknologi Bandung jurusan Teknik Mesin pada tahun 1991, Memulai karir di industri oil dan gas sebagai Junior engineer Measurement While Drilling (MWD) di Maxus ( sekarang CNOOC) di laut Jawa. Selanjutnya bergabung dengan dengan Arco Indonesia Inc ( ARII) mulai tahun 1992 – 1998 mulai dengan posisi sebagai Plant Engineer I untuk NGL, NGL Plant Supervisor, Arjuna Sakti Cargo Supervisor dan Senior Plant Engineer. Selama periode tersebut menangani proyek modikasi kecil sampai menengah untuk mengoptimalkan NGL Plant menyesuaikan dengan level produksi termasuk di dalamnya operasi dan pemeliharaan yang effektif. Di periode 1999 -2001 bergabung di VICO Indonesia sebagai rotating engineer, Pemasangan dan commsioning 275 MMSCFD Nilam Compressor menjadi salah satu pencapain yang penting. Di 2001 – 2005 bergabung dengan Unocal Indonesia dengan posisi sebagai Senior Facility Enginer di North Area, Selanjutnya Lead Facility Engineer sekaligus MOC ( Management Of Change) coordinator untuk South Area yang bertanggung jawab terhadap unjuk kerja ( performance ), new design dan modifikasi plant termasuk didalamnya safety design. 2005 – 2007 mendapatkan penugasan di Indonesia Deep Water Project di kantor pusat Unocal/Chevron Project di Houston sebagai Operation Team Leader. Indonesia Deep Water Project salah satu pengembangan sumber Oil dan Gas di laut dalam ( 6600 Feet), aspek operatibility dan maintainability menjadi point penting untuk menjaga kelangsungan produksi. Selanjutnya 2007 -2008 mendapatkan penugasan baru di Oxidental Mukhaizna di Oman sebagai Commissioning Manager untuk Mukaizna. Pencapaian pentingnya adalah commissioning dan start up Mukhaizna Steam Flood. 2008 -2020 Menjadi Project Leader untuk Santos Indonesia dengan berbagai pencapaian project yang mendukung pengembangan sumber sumber gas baru di Selat Madura ( Jawa Timur) untuk supply energy ke Indonesia Power Grati ataupun PGN.

Aditya Murthiawan

Komisaris

Kelahiran Solo, 3 Juni 1970.

Lulusan S1 Akuntansi & S2 Master Ekonomi Universitas Trisakti tahun 1994 & 2013. Accredited Program dari The Institute of Banking and Finance (IBF) - Singapore tahun 1997. Menjabat beberapa jabatan penting di beberapa perusahaan besar diantaranya, AVP Treasury di PT. Bank Mizuho Indonesia tahun 2001-2005, kemudian sebagai Head of Treasury di PT. Toyota Astra Financial Services tahun 2006, kemudian sebagai Associate Partner pada McMillan Woods Advisory tahun 2008 – 2014 dan menjabat Direktur Utama Hirsch Bedner Associates - HBA Indonesia sejak tahun 2017-2018. Dan pada awal tahun 2021 menjabat sebagai Komisaris PT. PDSI.

BOD

BOARD OF DIRECTOR

VACANT

(VACANT)

Direktur Utama

 

JUDHA SUMARIANTO

Direktur Operasi

Kelahiran Surabaya, 4 Oktober 1965. Judha Sumarianto menyelesaikan pendidikan S2 – Petroleum Engineering Graduate Study, Colorado School of Mines, Golden, CO – USA, S1 – Petroleum Engineering Undergraduate Study, Bandung Institute of Technology Bandung – Indonesia berpengalaman di O&G Industry selama 29 tahun dan berpengalaman di Pertamina selama 28 tahun. Jabatan terakhir dilingkungan Pertamina sebagai VP Production & Operation PT Pertamina Hulu Indonesia dan kini pada triwulan akhir Tahun 2020 menjabat sebagai Direktur Operasi PT Pertamina Drilling Indonesia.

dummy

DESIANTIEN

Direktur Keuangan & Administrasi

Kelahiran Purbalingga, 9 Desember 1965. Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Jaya Negara Malang tahun 1989 dan Program S2 Magister Administrasi Bisnis dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 2011. Mengikuti pendidikan “Advance International Program in Oil & Gas Financial Management University of Texas at Dallas, USA” pada tahun 2003.
Berkiprah di lingkungan Pertamina dan mengemban amanah beberapa jabatan diantaranya, Manager Finance PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur sejak Blok East Kalimantan diserahterimakan pengelolaannya oleh Chevron Indonesia Company kepada Pertamina pada bulan Oktober 2018, kemudian menjabat sebagai VP Finance PT Pertamina Hulu Indonesia sejak November 2019. Berpengalaman lebih dari 30 tahun di berbagai posisi strategis diantaranya sebagai Chevron Finance Internal Control & Compliance Manager (2014-2018) – Jakarta based, Chevron Global Finance Development Program (2012-2014) – San Ramon, California based, Chevron Pacific Indonesia Finance Liaison (2009 – 2012) – Sumatra based, Deepwater Finance Liaison (2004-2009) – Jakarta based dan Operation Accounting Supervisor – Balikpapan based pada awal berkarier di Oil & Gas tahun 1998 – 2004, setelah berkarir di perusahaan manufacturing Takeda Indonesia, SONY Electronics dan Schering Indonesia. Dan sejak Februari 2021 menjabat sebagai Direktur Keuangan & Administrasi PT Pertamina Drilling Services Indonesia.

Didik-Budi-Hartono

Didik Budi Hartono

Direktur Pemasaran & Pengembangan

Lahir di Solo pada tanggal 31 agustus 1964, Didik merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil di Surakarta tahun 1989. Pada awal kariernya di Pertamina, ia ditempatkan di bagian AST. II Teknik sejak tahun 1991. Beberapa jabatan penting yang pernah dipercayakan kepadanya adalah Manajer Layanan Umum, Senior Manajer Relations dan President Dir. Patra Drilling Contractor. Saat ini ia menjabat sebagai Direktur Pemasaran dan Pengembangan periode 2019 - Sekarang.

Komite Dewan Komisaris

agustiadi-wardana

Anindya Putri Maharani

Komite Audit

Lahir di Yogyakarta, 23 November 1981. Anindya merupakan lulusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Univeristas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2003, dan menyelesaikan pendidikan magister jurusan Bisnis Administrasi di Universitas Gadjah Mada tahun 2013. Mengawali karir sebagai Auditor Muda di Internal Audit Daerah V Surabaya, dan menjalani penugasan di daerah wilayah kerja operasi Pertamina Jayapura, Cilacap dan Jakarta. Anindya memiliki pengalaman melakukan audit di berbagai bisnis Pertamina dari hulu (Senior Auditor Upstream), hilir (Senior Auditor Refinery &ISC, Auditor Madya di Pemasaran dan Manager IA Gas&NRE), dan Korporat (Finance Internal Auditor). Saat ini Anindya menjabat sebagai Logistics& Portfolia IA Manager.

Irto

Dr. Vera Diyanty, CA

Komite Audit

Kelahiran Jakarta, 2 Juli 1974. Menjabat sebagai anggota Komite Audit PDSI Sejak Maret 2021. Lulus Strata 1 – Ekonomi Akuntansi Februari 1997 Universitas Indonesia, melanjutkan pendidikan pasca sarjana Universitas Indonesia Magister Ilmu Manajemen Jalur Profesi Januari 2000 dan lulus Doktoral Program Studi Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Agustus 2012 dari Universitas Indonesia. Pengalaman dalam bekerja diantaranya anggota komite Nominasi, Remunerasi dan Resiko PT Jasa Marga Tbk, Maret 2016-Maret 2017, lalu sebagai komite audit PLN Batam Maret 2017 – Mei 2018, anggota komite audit PT Pupuk Indonesia (Persero) Oktober 2017 – Oktober 2020, Kepala Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Februari 2014 – Mei 2018. Aktivitas selain sebagai komite audit PT PDSI adalah sebagai Kepala Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Mei 2018 sampai dengan Sekarang.

Irto

Muhammad Ichsan

Komite Risiko Nominasi dan Remunerasi

Kelahiran Bandung tahun 1972 ini menjabat sebagai anggota Komite Audit sejak Juli 2013, dan saat ini juga menjabat sebagai Komite Audit di Universitas Indonesia. Ia merupakan lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tahun 1993 dan kemudian lulus dari jenjang S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti pada tahun 1998 serta menamatkan pendidikan S2-nya di jurusan Akuntansi Universitas Indonesia (MAKSI UI) pada tahun 2000. Karir profesionalnya diawali sebagai pemeriksa pajak, kemudian beralih menjadi konsultan pajak dan menjadi konsultan di beberapa lembaga, hingga mendirikan kantor konsultan manajemen dan keuangan sambil mengajar di beberapa perguruan tinggi. Ia juga merupakan dosen yang mengajar di Universitas Indonesia.

Irto

Tri Sutanti Martaningsih

Komite Risiko Nominasi dan Remunerasi

Lahir di Surabaya pada tanggal 8 april 1964. Menempuh pendidikan S1 Ekonomi Akutansi di Universitas Kristen Indonesia dan Magister Management di STIE Jagakarsa. Bergabung di Pertamina di tahun 1985 sebagai pengatur farmasi di RSP Jaya dan kemudian menempati beberapa jabatan penting diantaranya sebagai Manager Asset Strategy Planning Development di tahun 2015, Manager Portfolio , Investasi/Divestasi & Business Intelligent di 2015-2018, Manager Asset Risk Dispute Resolution & Recovery di tahun 2018 , Manager Asset Government & Risk Management di 2019, Manager Asset Business Initiatives di tahun 2020. Beliau saat ini menjabat sebagai Komite Nominasi & Remunerasi di PT PDSI

Irto

Nusalina

Chief Internal Audit

NUSALINA lahir di Mojokerto 03-05-1966, lulus dari Teknik Kimia – Politeknik Unibraw dan Tenik Industri – UMMagelang, menjadi pekerja Pertamina Persero sejak 24 Agustus 1991 di Direktorat Pengolahan, bergabung di fungsi Internal Audit Pertamina sejak tahun 2003 dan tmt 01 November 2020 bertugas di IA PT PDSI.

Irto

(VACANT)

Sekretaris Perusahaan

 

Pedoman

Manajemen Resiko

NO. A-004/DSI3000/2010-S9 REVISI KE-1

PEDOMAN

MANAJEMEN RESIKO

PDF

TKO

MANAJEMEN RESIKO

PDF

KEBIJAKAN ANTI KORUPSI

DAN GRATIFIKASI

PEDOMAN GRATIFIKASI, PENOLAKAN &
PENERIMAAN HADIAH/CINDERAMATA, HIBURAN
(ENTERTAINMENT) NO. A-004/DSI3000/2010-S9
REVISI KE-1

GUIDELINE

GRATIFICATION - PDSI

2014

LHKPN

SK

LHKPN PDSI 2016

PDF

SK DAN PEDOMAN

LKHPN 

PDF

GCG SCORED

Whistle Blowing System

Whistleblowing System (WBS) merupakan suatu sistem yang memberikan sarana kepada para pemangku kepentingan untuk membuat pengaduan mengenai dugaan pelanggaran yang terjadi di Perusahaan. WBS Pertamina dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat melalui berbagai saluran pengaduan, yaitu:

Telepon

: +6221-3815909 / 5910 / 5911

SMS dan Whatsapp

: +628118615000

Fax

: +6221-3815912

Email

: pertaminaclean@tipoffs.com.sg

Mail Box

: Pertamina Clean PO Box 2600 JKP 10026

Website

: www.pertaminaclean.tipoffs.info

 

Pengelolaan WBS dilakukan dengan prinsip rahasia, anonim dan independen. Setiap pengaduan yang masuk diterima oleh konsultan independen yang akan menganalisis dan meminta keterangan lebih detail kepada pelapor untuk kemudian disampaikan kepada Pertamina. Selanjutnya Pertamina akan menindaklanjuti pengaduan tersebut, sesuai ketentuan yang berlaku di Perusahaan.