Sejarah

Selama lebih dari 10 tahun PT PDSI telah berpengalaman dalam sektor eksplorasi dan berkompeten sebagai provider yang memberikan pelayanan atas jasa pengeboran dan solusi terpadu.

PDSI berdiri pada tahun 2008 berdasarkan akte Notaris Nomor Number 13 tanggal 13 Juni 2008 dan telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Marianne Vincetia Hamdani, SH No. AHU-39442.AH.01.01 pada tanggal 8 Juli 2008

Bisnis PDSI berawal sejak bergabung sebagai salah satu unit bisnis dalam Direktorat Hulu hingga tahun 2005 kemudian bergabung dan menjadi bagian unit bisnis Pertamina EP. Berdasarkan surat keputusan Dewan Komisaris PT. Pertamina (Persero) pada tanggal 28 Desember 2007 dengan Nomor Surat 365/K/DK2007 dan melalui keputusan para pemegang saham pada tanggal 13 Juni 2008 maka pada akhirnya unit bisnis ini berdiri sendiri dengan nama PT. PDSI. Adapun sejak tahun 2008, kepemilikan saham atas PDSI terdiri dari PT. Pertamina (Persero) sebagai pemegang terbesar yaitu 99% kepemilikan saham dan 1% kepemilikan saham diberikan kepada PT. Pertamina Hulu Energi. Pada 18 Juni 2010 komposisi kepemilikan saham telah berubah dengan 99.87% dimiliki oleh PT. Pertamina (Persero) dan 0.13% dimiliki oleh PT. PHE. Kemudian per 31 Desember 2015, komposisi kepemilikan saham berubah lagi menjadi 99.89% PT Pertamina (Persero) dan 0.11% PT Pertamina Dana Ventura.

PDSI merupakan anak perusahaan dari PT. Pertamina (Persero) yang telah beroperasi selama lebih dari sepuluh tahun. Perusahaan ini bergerak dalam bidang eksplorasi dan eksploitasi pengeboran minyak dan gas bumi, serta panas bumi. PDSI juga memberikan pelayanan service pengeboran yang terintegrasi. Dalam pengoperasiannya, PDSI telah membuktikan profesionalismenya dengan memenuhi standar internasional yang telah ditetapkan oleh ISO 9001:2008, OHSAS 18001:2007 dan ISRS7. PDSI berkomitmen dengan dan mengantisipasi segala bentuk resiko kerja sebagai prioritas utama.

Dalam pelaksanaan kerjanya, PDSI menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan, pemegang saham, mitra bisnis dan pemegang saham lainnya. Penerapan tata kelola perusahaan didukung oleh perbaikan terus menerus dari kompetensi sumber daya manusia sebagai bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menghasilkan generasi masa depan yang unggul. PDSI berhubungan erat dengan pengeboran minyak gas dan bisnis lain yang berkaitan dengan masalah pengeboran dan bekerjasama dalam pemenuhan atas kebutuhan yang berkaitan dengan eksplorasi dan eksploitasi minyak, gas dan panas bumi di segala area, pengeboran di darat maupun lepas pantai.

 

sejarah-img

Visi

"Untuk menjadi pemimpin di kawasan regional dalam pengeboran dan well services dengan standar kelas dunia."

Misi

"Memberikan solusi terpadu yang berkualitas tinggi pada pengeboran, workovers, dan well services, dengan memaksimalkan nilai tambah bagi pelanggan, pemegang saham, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya."

Jujur Tulus Amanah :

Adalah Langkah Awal Untuk Melakukan Transformasi

  • Memimpin sesuai prinsip CORE OF LEADERSHIP
  • Menjaga budaya EFISIENSI Perusahaan
  • Memperkuat implementasi TATA NILAI 6C
  • Meningkatkan SOLIDITAS INTERNAL
  • Meningkatkan TRANSPARANSI Perusahaan
  • Memperkuat POSTUR KEUANGAN
flow

PRINSIP EKSEKUSI DALAM TRANSFORMASI

KNOWLEDGE :

Kemauan belajar dan terus belajar dari semua elemen di dalam dan di luar organisasi akan memberikan kualitas eksekusi yang baik

SPEED :

Keberanian semua elemen organisasi mengungkapkan fakta apa adanya, tidak saja menghasilkan kualitas analisa dan konsep solusi yang akurat, tetapi juga memberikan “kecepatan” untuk menyelamatkan kapal yang akan karam sehingga “hiding” harus dianggap sebagai pelanggaran integritas

GUT :

Keberanian semua pemimpin untuk memutuskan dan melaksanakan eksekusi adalah 80% keberhasilan turnaround

TATA NILAI dan PRILAKU

Amanah

Memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

  • Memenuhi janji & komitmen
  • Bertangungjawab atas tugas,keputusan dan tindakan yangdilakukan hingga tuntas
  • Berpegang teguh pada nilai moral &etika

Harmonis

Saling peduli dan menghargai perbedaan.

  • Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya
  • Membangun lingkungan kerja yang kondusif
  • Saling membantu dan mendukung untuk kepentingan perusahaan

Adaptif

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan atau dalam menghadapi perubahan.

  • Cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik
  • Terus menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan tekhnologi
  • Bertindak proaktif
  • Kreatif dan inovatif dalam menghasilkan solusi dan nilai tambah
  • Menunjukkan semangat, antusiasme dan energi positif

Kompeten

Terus belajar & mengembangkan kapabilitas.

  • Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah
  • Membantu orang lain belajar
  • Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik
  • Berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat dengan resiko yang terukur
  • Mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja serta kepedulain kepada orang lain, lingkungan sosial dan alam sebagai way of life
  • Melayani dengan hati tanpa batas

Loyal

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

  • Menjaga nama baik sesama pekerja, pimpinan,BUMN dan negara
  • Rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar
  • Patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika
  • Berkontribusi lebih melampaui harapan untuk membangun dan meningkatkan kapasitas nasional
  • Pantang menyerah menghadapi tantangan dan harapan

Kolaboratif

Membangun kerjasama yang sinergis.

  • Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkolaborasi
  • Terbuka dalam bekerjasama untuk menghasilkan nilai tambah
  • Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan perusahaan
  • Bersinergi secara agresif untuk memberikan nilai tambah sebesar besarnya untuk perusahaan dan stakeholder lainnya
  • Mencari solusi terbaik dalam menghadapi perbedaan kepentingan yang terjadi

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Jabatan & Formasi Pekerja PT Pertamina Drilling Servis Indonesia

BOC

BOARD OF COMISSIONER

Nur Endro Buwono

Komisaris Utama

Kelahiran Jakarta 1 Mei 1965, Berpengalaman 30 tahun di Industri perminyakan, lulus dari Institute Teknologi Bandung jurusan Teknik Mesin  pada tahun 1991, Memulai karir di industri oil dan gas sebagai Junior engineer  Measurement While Drilling (MWD) di Anadrill Schlumberger. Selanjutnya berkarier di beberapa Kontrator Production Sharing  seperti Arco Indonesia Inc ( 1992 – 1998.), VICO ( 1999- 2001).

Di 2001 – 2005 bergabung  dengan Unocal Indonesia sebagai  Lead Facility Engineer sekaligus MOC ( Management Of Change) coordinator  untuk South Area  East Kalimantan.

Overseas assignment 2005 – 2008  di Houston di kantor pusat Unocal/Chevron Project  untuk Project Laut Dalam dan Di Oxidental Oman untuk Mukaizna Oil Field.

2008 -2020 Menjadi Project Leader untuk Santos Indonesia dengan berbagai pencapaian project yang mendukung pengembangan sumber sumber gas baru di Selat Madura.

Awal Februari 2021 ditunjuk sebagai Komisari Utama di PT PDSI.

Aditya Murthiawan

Komisaris

Kelahiran Solo, 3 Juni 1970.

Lulusan S1 Akuntansi & S2 Master Ekonomi Universitas Trisakti tahun 1994 & 2013. Accredited Program dari The Institute of Banking and Finance (IBF) - Singapore tahun 1997. Menjabat beberapa jabatan penting di beberapa perusahaan besar diantaranya, AVP Treasury di PT. Bank Mizuho Indonesia tahun 2001-2005, kemudian sebagai Head of Treasury di PT. Toyota Astra Financial Services tahun 2006, kemudian sebagai Associate Partner pada McMillan Woods Advisory tahun 2008 – 2014 dan menjabat Direktur Utama Hirsch Bedner Associates - HBA Indonesia sejak tahun 2017-2018. Dan pada awal tahun 2021 menjabat sebagai Komisaris PT. PDSI.

BOD

BOARD OF DIRECTOR

Rio Dasmanto

Rio Dasmanto

Direktur Utama

 

JUDHA SUMARIANTO

Direktur Operasi

Kelahiran Surabaya, 4 Oktober 1965. Judha Sumarianto menyelesaikan pendidikan S2 – Petroleum Engineering Graduate Study, Colorado School of Mines, Golden, CO – USA, S1 – Petroleum Engineering Undergraduate Study, Bandung Institute of Technology Bandung – Indonesia berpengalaman di O&G Industry selama 29 tahun dan berpengalaman di Pertamina selama 28 tahun. Jabatan terakhir dilingkungan Pertamina sebagai VP Production & Operation PT Pertamina Hulu Indonesia dan kini pada triwulan akhir Tahun 2020 menjabat sebagai Direktur Operasi PT Pertamina Drilling Indonesia.

dummy

DESIANTIEN

Direktur Keuangan & Administrasi

Kelahiran Purbalingga, 9 Desember 1965. Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Jaya Negara Malang tahun 1989 dan Program S2 Magister Administrasi Bisnis dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 2011. Mengikuti pendidikan “Advance International Program in Oil & Gas Financial Management University of Texas at Dallas, USA” pada tahun 2003.
Berkiprah di lingkungan Pertamina dan mengemban amanah beberapa jabatan diantaranya, Manager Finance PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur sejak Blok East Kalimantan diserahterimakan pengelolaannya oleh Chevron Indonesia Company kepada Pertamina pada bulan Oktober 2018, kemudian menjabat sebagai VP Finance PT Pertamina Hulu Indonesia sejak November 2019. Berpengalaman lebih dari 30 tahun di berbagai posisi strategis diantaranya sebagai Chevron Finance Internal Control & Compliance Manager (2014-2018) – Jakarta based, Chevron Global Finance Development Program (2012-2014) – San Ramon, California based, Chevron Pacific Indonesia Finance Liaison (2009 – 2012) – Sumatra based, Deepwater Finance Liaison (2004-2009) – Jakarta based dan Operation Accounting Supervisor – Balikpapan based pada awal berkarier di Oil & Gas tahun 1998 – 2004, setelah berkarir di perusahaan manufacturing Takeda Indonesia, SONY Electronics dan Schering Indonesia. Dan sejak Februari 2021 menjabat sebagai Direktur Keuangan & Administrasi PT Pertamina Drilling Services Indonesia.

Didik-Budi-Hartono

Didik Budi Hartono

Direktur Pemasaran & Pengembangan

Lahir di Solo pada tanggal 31 agustus 1964, Didik merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil di Surakarta tahun 1989. Pada awal kariernya di Pertamina, ia ditempatkan di bagian AST. II Teknik sejak tahun 1991. Beberapa jabatan penting yang pernah dipercayakan kepadanya adalah Manajer Layanan Umum, Senior Manajer Relations dan President Dir. Patra Drilling Contractor. Saat ini ia menjabat sebagai Direktur Pemasaran dan Pengembangan periode 2019 - Sekarang.

Komite Dewan Komisaris

agustiadi-wardana

Anindya Putri Maharani

Komite Audit

Lahir di Yogyakarta, 23 November 1981. Anindya merupakan lulusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Univeristas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2003, dan menyelesaikan pendidikan magister jurusan Bisnis Administrasi di Universitas Gadjah Mada tahun 2013. Mengawali karir sebagai Auditor Muda di Internal Audit Daerah V Surabaya, dan menjalani penugasan di daerah wilayah kerja operasi Pertamina Jayapura, Cilacap dan Jakarta. Anindya memiliki pengalaman melakukan audit di berbagai bisnis Pertamina dari hulu (Senior Auditor Upstream), hilir (Senior Auditor Refinery &ISC, Auditor Madya di Pemasaran dan Manager IA Gas&NRE), dan Korporat (Finance Internal Auditor). Saat ini Anindya menjabat sebagai Logistics& Portfolia IA Manager.

Irto

Dr. Vera Diyanty, CA

Komite Audit

Kelahiran Jakarta, 2 Juli 1974. Menjabat sebagai anggota Komite Audit PDSI Sejak Maret 2021. Lulus Strata 1 – Ekonomi Akuntansi Februari 1997 Universitas Indonesia, melanjutkan pendidikan pasca sarjana Universitas Indonesia Magister Ilmu Manajemen Jalur Profesi Januari 2000 dan lulus Doktoral Program Studi Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Agustus 2012 dari Universitas Indonesia. Pengalaman dalam bekerja diantaranya anggota komite Nominasi, Remunerasi dan Resiko PT Jasa Marga Tbk, Maret 2016-Maret 2017, lalu sebagai komite audit PLN Batam Maret 2017 – Mei 2018, anggota komite audit PT Pupuk Indonesia (Persero) Oktober 2017 – Oktober 2020, Kepala Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Februari 2014 – Mei 2018. Aktivitas selain sebagai komite audit PT PDSI adalah sebagai Kepala Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Mei 2018 sampai dengan Sekarang.

Irto

Muhammad Ichsan

Komite Risiko Nominasi dan Remunerasi

Kelahiran Bandung tahun 1972 ini menjabat sebagai anggota Komite Audit sejak Juli 2013, dan saat ini juga menjabat sebagai Komite Audit di Universitas Indonesia. Ia merupakan lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tahun 1993 dan kemudian lulus dari jenjang S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti pada tahun 1998 serta menamatkan pendidikan S2-nya di jurusan Akuntansi Universitas Indonesia (MAKSI UI) pada tahun 2000. Karir profesionalnya diawali sebagai pemeriksa pajak, kemudian beralih menjadi konsultan pajak dan menjadi konsultan di beberapa lembaga, hingga mendirikan kantor konsultan manajemen dan keuangan sambil mengajar di beberapa perguruan tinggi. Ia juga merupakan dosen yang mengajar di Universitas Indonesia.

Irto

Tri Sutanti Martaningsih

Komite Risiko Nominasi dan Remunerasi

Lahir di Surabaya pada tanggal 8 april 1964. Menempuh pendidikan S1 Ekonomi Akutansi di Universitas Kristen Indonesia dan Magister Management di STIE Jagakarsa. Bergabung di Pertamina di tahun 1985 sebagai pengatur farmasi di RSP Jaya dan kemudian menempati beberapa jabatan penting diantaranya sebagai Manager Asset Strategy Planning Development di tahun 2015, Manager Portfolio , Investasi/Divestasi & Business Intelligent di 2015-2018, Manager Asset Risk Dispute Resolution & Recovery di tahun 2018 , Manager Asset Government & Risk Management di 2019, Manager Asset Business Initiatives di tahun 2020. Beliau saat ini menjabat sebagai Komite Nominasi & Remunerasi di PT PDSI.

Irto

Nusalina

Chief Internal Audit

NUSALINA lahir di Mojokerto 03-05-1966, lulus dari Teknik Kimia – Politeknik Unibraw dan Tenik Industri – UMMagelang, menjadi pekerja Pertamina Persero sejak 24 Agustus 1991 di Direktorat Pengolahan, bergabung di fungsi Internal Audit Pertamina sejak tahun 2003 dan tmt 01 November 2020 bertugas di IA PT PDSI.

Irto

Rian Dhanisaputra

Sekretaris Perusahaan

Rian Dhanisaputra lahir di Blitar 09-07-1983, lulus dari Teknik Elektro – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) pada tahun 2006 lalu melanjutkan pasca sarjana S2 Magister Administrasi Bisnis Tahun 2020 program Business Leadership Executive MBA (BLEMBA) School of Business Management (SBM) ITB. Menjadi pekerja PT Pertamina (Persero) melalui program Bimbingan Profesi Sarjana Drilling Services Hulu (BPS-DSH) tahun 2007. Mengawali karir di Direktorat Operasi PT PDSI sebagai Driller, Toolpusher dan Rig Superintendent hingga tahun 2014. Bertugas di Direktorat Marketing & Development sebagai Investment & Business Development Ast. Manager, Key Account Non EP Marketing Manager dan Commercial & Trade Marketing Manager pada tahun hingga tahun 2021. Sejak Juni 2021 menjabat sebagai Corporate Secretary PT PDSI.

RUPS

RUPS Pertamina Drilling menjamin hak pemegang saham dalam memperoleh penjelasan lengkap dan informasi akurat tentang pengelolaan perusahaan. RUPS merupakan organ perusahaan yang mempunyai wewenang dan kekuasaan tertinggi di Pertamina Drilling yang tidak diberikan keada Direksi dan Dewan Komisaris. Dalam RUPS, pemegang saham memiliki kewenangan dalam meminta pertanggungjawaban Direksi dan Dewan Komisaris atas pengelolaan perusahaan.

RUPS Pertamina Drilling terdiri dari RUPS Tahunan yang diadakan setiap tahun untuk menyampaikan persetujuan laporan tahunan kepada pemegang saham. Pelaksanaan RUPS pertamina Drilling sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas  serta Anggaran Dasar Perusahaan Pertamina Drilling beserta perubahannya.

2019

2018

2017

2016